Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Citra Merek dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian Lampu Philips pada PT Sumber Fajar Inti Abadi Pontianak

Authors

  • Merry Fransisca Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga kompetitif, citra merek dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian lampu Philips pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah toko ritel yang menjual lampu Philips. Jumlah sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa harga kompetitif, citra merek dan daya tarik promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapaun saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan harus menjaga kestabilan harga kompetitif produk tersebut, citra merek yang sudah baik dapat ditingkatkan lebih baik lagi agar tetap mendapatkan citra atau pandangan yang positif di benak konsumen, dan terakhir daya tarik promosi yang ditawarkan oleh perusahaan ditingkatkan lagi agar promosi yang dilakukan dapat memberi nilai tambah dibenak konsumen, maka konsumen memberikan pandangan yang positif sehingga hal tersebut dapat memberikan minat untuk melakukan keputusan pembelian.

References

Akila. “Pengaruh Insentif Dan Pengawasan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada CV. Vassel Palembang.” Jurnal Ecoment Global, Vol. 2, No. 2, Agustus 2017, Hal. 40.

Gerung, Christy Jacklin, Jantje Sepang, Sjendry Loindong. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT Wahana Wirawan Manado.” Jurnal EMBA. Vol 5, No. 2, Juni2017, Hal. 2221 – 2229.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Machfiroh, Ines Saraswati. “Keterkaitan Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Emak di Fried Chicken Pelaihari.” Jurnal Humaniora dan Teknologi, Vol. 4, No. 1, Oktober 2018.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Zahra, R. Rantika dan Nofha Rina. “Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayannti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit Di Kota Bandung.” Jurnal LONTAR, Vol. 5, No. 1, Januari-Juni, Hal 43-57.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles