Analisis Pengaruh Kualitas Hubungan Pelanggan, Kapabilitas Inovasi dan Kualitas Produk terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pontianak

Authors

  • Jimmy Sanjaya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah ini merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian masyarakat pada saat ini. Sehingga banyak masyarakat saling berupaya mengembangkan usaha mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas hubungan pelanggan, kapabilitas inovasi dan kualitas produk terhadap peningkatan kinerja pemasaran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) cafe dan resto di kota Pontianak. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah 90 responden dengan teknik sampling jenuh yaitu dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan data sensus UMKM cafe dan resto di kota Pontianak. Dari hasil perhitungan uji validitas dan reliabilitas semua variabel adalah valid dan reliabel. Dari hasil analisis regresi berganda ketiga variabel independen dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Hasil uji F pada penelitian ini berpengaruh signifikan. Sedangkan pengujian analisis hipotesis menyatakan bahwa variabel kualitas hubungan pelanggan, kapabilitas inovasi dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran.

References

Gunawan, C.I., Solikhah, S.Q. dan Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era COVID-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200-207.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Lapian, Adelina Agnes, James Massie dan Imelda Ogi. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR Prisma Dana Amurang.” Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi, vol.4, no.1, (Maret 2016), hal. 1330-1339.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Putri, Made Amilia Laksmi, Ni Nyoman Kerti Yasa dan I G.A. Ketut Giantari. Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UMKM Kerajinan Endek Di Kabupaten Klungkung. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, vol.1, no.4, (September 2018), hal. 522-534.

Santoso, Baharudin Yakub Didik dan Yohanes Sugiarto. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Customer Relationship Management Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing.” Diponegoro Journal of Management, vol.5, no.3, 2016, hal. 1-15.

Sarjita. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Sentra Industri Kecil Pembuatan Bakpia di Kabupaten Bantul.” Jurnal British Medical Association, vol.4, no.2, (September 2017), hal. 27-37.

Utami, Christina Whidya. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat, 2017.

Wawo. Fernando L. P, Joyce Lapian dan Raymond Kawet. “Analisis Kualitas Produk, Promosi dan Distribusi terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. Daya Adicipta Wisesa (Honda) Watutumou.” Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi, vol. 4, no.3, (September 2016), hal. 741-750.

Zahro, Nurul Ulfa dan Bulan Prabawani. “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan TV Kabel di Kecamatan Tembalang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. MNC Sky Vision-Indovision Semarang).” Jurnal Administrasi Bisnis, vol.7, no.1, (Maret 2018), hal. 10-18.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles