Analisis Pengaruh Keragaman Produk, Kinerja Pelayanan, Lokasi dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian pada Supermarket Kaisar Siantan di Pontianak

Authors

  • Gunaidi Gunaidi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah keragaman produk, kinerja layanan, faktor lokasi dan harga kompetitif supermarket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk, kinerja pelayanan, lokasi dan harga kompetitif terhadap Keputusan Pembeli pada Supermarket Kaisar Siantan di Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisoner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pada Supermarket Kaisar Siantan di Pontianak. Penelitian ini dapat di tentuankan dengan sampel Purposive sampling. Pembahasan menggunakan uji validitas dan reliabilitas,uji asumsi klasik, heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Software spss statistic versi 22 digunakan untuk pengujian model penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja layanan, daya tarik promosi dan terhadap keputusan pasien.

References

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Impelementasi dan pengendalian, jilid 1. Jakarta: Erlangga. 2012.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Simamora, Henry. Manajemen Pemasaran Internasinal, Edisi 2, Jilid II. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2007.

Sunyoto, Danang dan Susanti, Fathonah Eka. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Tri Admojo-CAPS, 2015.

Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra.. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset, 2017.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi, 2014.

Utami, Christina Whidya. Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi ke 2. Bandung: Selemba Empat. 2010.

Utami, Christina Widya. Strategi Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Indeks, 2008.

Wahjono, Sentot Imam. Perilaku Organisasi. (Edisi Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles