PEMBENTUK CITRA MEREK PADA SUPERMARKET LIGO MITRA DI PONTIANAK

Authors

  • Julianto Pratama

Abstract

Dalam perkembangan dunia bisnis saat ini, setiap perusahaan dituntut untuk meningkatkan daya saing dan kreatifitas agar dapat mempertahankan kelangsungan hidup bisnisnya dan untuk tetap berkembang serta membangun citra perusahaan  yang baik di benak konsumen.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan citra merek dan faktor-faktor yang membentuk citra merek pada Supermarket Ligo Mitra di Pontianak.Teknik penggumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Sampel yang digunakan oleh penulis sebanyak 100 responden Teknik analisis data yang digunakan kualitatif dengan pengukuran Skala Likert yaitu mengukur sikap, pendapat, dan presepsi seseorang atau kelompok tentang kejadian atau gejala sosial. Dari hasil analisis tersebut, disimpulkan bahwa responden setuju bahwa Supermarket Ligo Mitra di Pontianak memiliki citra yang baik di mata konsumen. hasil analisis kualitatif dalam hal menyangkut faktor-faktor pembentuk citra merek yaitu aspek pelayanan, presepsi terhadap harga, kualitas produk yang dirasakan,aspek manfaat, citra toko, dan aspek resiko sudah sesuai dengan yang dharapkan responden. Adapun saran-saran yang dapat diberikan oleh penulis yaitu perusahaan diharapkan dapat tetap mempertahankan citra toko dan lebih meningkatkan aspek pelayanan serta memperhatikan pada aspek resiko dan aspek manfaat bagi pelanggan.

Downloads

Published

2016-10-11

Issue

Section

Articles