Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Makanan Ringan di Kota Pontianak

Authors

  • Vio Aprian Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan ringan di Kota Pontianak. Objek penelitian penulis adalah UMKM yang menjual makanan ringan di Kota Pontianak. Jumlah Sampel sebanyak 85 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SPSS 22 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Djodjobo, Cynthia Vanessa, Hendra N. Tawas. 2014. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado.” Jurnal Emba, Vol.2, No.3.

Herman, Hendri. 2019. "Strategi Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada PT Restu Bumi Lestari." Jurnal Akuntansi Barelang 4.1. 43-49.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Suriatna, Danny, Retno Ardianti. 2013. “Analisis Modal Sosial Dan Inovasi Produk Pada Pengusaha Mikro Dan Kecil Di Jawa Timur.” Agora Vol. 1, No.2.

Utaminingsih, Adijati. 2016. “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Dan Kreativitas Strategi PemasaranTerhadap Kinerja Pemasaran UKM Kerajinan Rotan Didesa Teluk Wetan, Welahan, Jepara.” Jurnal Media Ekonomi Dan Manajemen Vol. 31 No. 2.

Downloads

Published

2022-04-30

Issue

Section

Articles