Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Subsektor Restoran, Hotel dan Pariwisata di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Indra Brata Wijaya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Profitabilitas dapat digunakan sebagai indikator kinerja keuangan perusahaan, yang perubahannya tergantung pada kemampuan manajemen dalam mengelola keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perputaran modal kerja dan likuiditas terhadap profitabilitas. Bentuk penelitian asosiatif dengan model regresi OLS. Objek penelitian pada dua puluh Perusahaan Subsektor Restoran, Hotel dan Pariwisata di Bursa Efek Indonesia dengan periode tahun 2014 sampai dengan 2018. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa perputaran modal kerja dan likuiditas berpengaruh positif. Kedua faktor tersebut dapat menjelaskan perubahan kemampuan perusahaan menghasilkan laba sebesar 11,1 persen. Perusahaan yang mampu menjamin likuiditasnya menunjukkan ketersediaan modal kerja pada perusahaan dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan yang pada gilirannya akan mendukung ketercapaian laba perusahaan.

References

Meidiyustiani. 2016. “Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Akutansi dan Keuangan, Vol. 5, No. 2, Oktober, Hal.41-59.

Parlina, Nurhana Dhea. 2017. “Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap Profitabilitas melalui Perputaran Piutang sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, Vol. 1, No. 2, hal. 159-166.

Safiah, Fathin dan Ismail. 2008. “The Effects of Working Capital Management on The Probability of Plantation and Petroleum Sector in Malaysia.” International Journal of Accounting and Business Management, Vol. 3, No. 2, November, hal. 1-23.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Sufitrayati, Mahdi dan Nelly. 2019. “Pengaruh Struktur Modal dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Perbankan.” SI-MEN (Akutansi dan Manajemen) STIES, Vol. 10, No.1, hal. 29-37.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles