Pengaruh Orientasi Pelanggan, Keunggulan Produk dan Daya Tarik Promosi terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Bidang Fashion di Kota Pontianak

Authors

  • Evania Friesca Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan, keunggulan produk dan daya tarik promosi terhadap kinerja pemsaran. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM fashion di Kota Potnaiank, dengan jumlah sampel 125 orang responden. Teknik analisis yang digunakan adalah sampling insidental. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa variabel orientasi pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran. Variabel keunggulan produk juga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran. Varibael daya tarik promosi juga terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM fashion di Kota Pontianak. Ini berarti penelitian menunjukkan semakin besar orientasi pelanggan akan semain meningkatkan kinerja pemasaran. Begitu juga semakin besar keunggulan produk dan semakin besar daya tarik promosi akan semakin meningkatkan kinerja pemasaran.

References

Asashi, Tesa, dan I Putu Gde Sukaatmadja. “Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran” E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6No.4, 2017: 1816-1845.

Endang Sutrasmawati. ”Pengaruh Kompetisi Produk Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Competitive Advantage.” Jurnal bisnis dan ekonomi, September 2008.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Pertiwi, Yunita dwi, and Bambang Banu Siswoyo. “Pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kripik buah di Kota Batu.” Syariah Paper Accounting FEB UMS (2016).

Tripratiwi, Diar, Maria M Minarsih, dan Leonardo Budi Hasiolan. “Analisis Pengaruh Harga, Keunggulan Produk dan Citra Merek Terhadap Minat Konsumen Dalam Pembelian Mobil Mitsubishi Sport Pada PT Bumen Redja Abadi Semarang.” Journal Of Management, Vol.2 No.2 Maret 2016.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles