Pengaruh Kinerja Layanan, Harga Kompetitif dan Daya Tarik Lokasi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Kini Pontianak

Authors

  • Angelina Wati Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan, harga kompetitif dan daya tarik lokasi terhadap keputusan menginap pada Hotel Kini di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan jumlah sampel 118 responden. Teknik analisis dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan pengujian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, uji F dan uji t dapat disimpulkan bahwa variabel kinerja layanan dan daya tarik lokasi berpengaruh terhadap keputusan menginap pada Hotel Kini di Pontianak. Sedangkan variabel harga kompetitif menunjukkan tidak adanya pengaruh terhadap keputusan menginap pada Hotel Kini di pontianak. Adapun saran-saran yang ingin peneliti berikan yaitu kinerja layanan yang diterapkan Hotel Kini perlu ditingkatkan, kemudian penetapan harga yang kompetitif dengan memberikan potongan-potongan harga yang menarik pada event-event tertentu dan pihak hotel perlu memperluas lagi lapangan tempat parkir.

References

Amrullah, Pamasang S. Siburian dan Saida Zainurossalamia ZA. 2016. ”Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda.” Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Volume 13, (2).

Basrah, Saidani dan Samsul Arifin. 2012. ”Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 3, No. 1.

Farid, Meraz Yuliardi dan Imroatul Khasanah. 2015. ”Analisis pengaruh harga kompetitif,fasilitas dan ketersediaan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada konsumen salon mobil autowax semarang.” Diponegoro Journal Of Management, Volume 4, Nomor 4, Halaman1-8.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Sarah, Maryam Chandra dan Maria V.J. Tielung. 2015. ”Pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi terhadap keputusan konsumen menggunakan hotel baliem pilamo di wamena.” Jurnal EMBA, Vol.3, No.3, Hal.959-970.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles