Analisis Pengaruh Keadilan Prosedural dan Komitmen Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak

Authors

  • Rimot Lestari Jaya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadilan prosedural dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini sebanyak 61 orang karyawan pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 61 responden pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik sampling jenuh. Pembahasan dengan mengunakan uji validitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda,uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji t dan uji koefisien determinasi. Model Pengujian yang digunakan menggunakan program software spss 22. Hasil dari penelitian ini adalah keadilan prosedural dan komitmen organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Amir, M. 2002. Hubungan antara budaya organisasi, komitmen organisasi dengan kepuasan kerja pada tenaga Edukatif universitas Muhammadiyah Surakarta di solo. Tesis (tidak diterbitkan). Fakultas psikologi program Magister Sains psikologi Industri dan organisasi Pascasarjana Universitas Indonesia, Depok.

Anggreani Tri Rejeki. 2015. “Pengaruh Keadilan Prosedural, Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT.Purinusa Ekapersada.”

Krisnayanti, Gusti Ayu dan I Gede Riana. 2015. “Pengaruh Keadilan Organisasional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Studi Kasus pada BPR Lestari.” E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.4 No.9, hal 2447-2448.

Luthfi Irawan. 2015. “Pengaruh keadilan prosedural, Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Sakit TK II Udayan Denpasar.” Rakhmawati Hajiyanti. 2013. “pengaruh keadilan prosedural terhadap komitmen karyawan dengan tingkat kepuasan karyawan sebagai variabel intervening”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles