Studi Promosi, Kualitas Produk, dan Harga Kompetitif terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kerajinan Tangan di Kota Pontianak)

Authors

  • Tedy Suhendra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Perekonomian dari tahun ke tahun selalu berubah sehingga membuat gelisah para pebisnis era sekarang ini. Hal inilah yang menuntut para pebisnis untuk menerapkan strategi pemasaran yang baik sehingga dapat bersaing dalam era modern ini. Pebisnis dituntut untuk memahami strategi promosi yang tepat, penerapan kualitas produk yang baik dan juga memiliki harga kompetitif yang memumpuni untuk bersaing dengan para pebisnis lain. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SPSS 22 (Statistical Product and Service Solutions). Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari populasi 120 pelaku usaha di kota Pontianak. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel promosi, dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan variabel harga kompetitif memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja pemasaran.

References

Ali. Pengaruh Product Quality dan Customer Service Terhadap Customer Care dan Marketing Performance Pada Industri Mebel di Jepara. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, vol.9, no.1, 2012.

Brahmanthara, Ketut Adhy dan Yasa Ni Nyoman Kerti. “Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran.” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, 2017.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Sukarno, Gendut. “Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Melalui Peran Lingkungan, Inovasi Produk dan Kreatifitas Strategi Pemasaran.” jurnal ekuitas, vol.15. No.3, 2011.

Wawo Fernando L,P, Lapian, dan Kawet. “Analisis Kualitas Produk, Promosi dan Distribusi Terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. Daya Adicipta Wisesa (Honda) Watutumou. ” jurnal emba, vol.4, no.3, 2016.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles