Analisis Pengaruh Promosi, Atmosfer Toko, dan Kelengkapan Produk terhadap Minat Beli pada Citra Niaga Swalayan dan Dept Store di Pontianak

Authors

  • Febriyanti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai pengaruh promosi, atmosfer toko dan kelengkapan produk terhadap minat beli pada Citra Niaga Swalayan dan Dept Store di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausalitas, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan kuesioner. Populasi yang digunakan adalah pelanggan yang sudah berbelanja dua atau tiga kali pada Citra Niaga Swalayan dan Dept Store di Pontianak dengan usia diatas 19 tahun ke atas pada Citra Niaga Swalayan dan Dept Store di Pontianak. Sampel yang digunakan penulis menggunakan metode purposive sampling dengan menetapkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel promosi, atmosfer toko dan kelengkapan produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa promosi, atmosfer toko dan kelengkapan produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli ulang.

References

Aldi, Jefri."Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen ."Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, vol.1,2019.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Kara, Anatasia. "Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Online Shop Elevenia Di BBM Grup Terhadap Minat Beli Mahasiswi". Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol.5, 2016.

Listyawati, I. H. “Peran Penting Promosi dan Desain Produk dalam Membangun Minat Beli Konsumen”. JBMA, Vol. III, No. 1, Maret 2016.

Raharjani, Jeni. ”Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruihi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan sebagai Tempat Berbelanja”. Jumal Studi Manajamen & Organisasi. Vol 2 No. 1 Januari 2005.

Razak, I. "Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Pelanggan Indiehome Di Promosi DKI Jakarta". Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, vol.4, Mei 2016.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles