Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor Pusat Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak

Authors

  • Flavia Oktarika Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pusat Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah Sampling Jenuh. Jumlah sampel sebanyak tiga puluh enam (36) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan Kantor Pusat Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa budaya organisai dan lingkungan kerja kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa budaya organisasi dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kantor Pusat Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini adalah meningkatkan kinerja karyawan dengan cara pihak Kantor Pusat Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak lebih meningkatkan budaya organisasi yang baik seperti mementingkan misi perusahaan sebagai goal yang harus dicapai karena dalam hasil kuesioner masih tergolong sedang. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya misi perusahaan sebagai goal yang harus dicapai.

References

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Kharisma, Gogy Bara. “Pengaruh Budya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Operasi Serba Usaha Setya Usaha di Kabupaten Jepara”. Dipublikasi Perpustakaan UNNES, Universitas Negeri Semarang, 2013.

Pasaribu, M. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan.” Universitas HKBP NOMMENSEN, 2018.

Taurisa, Chaterina Melina dan Intan Ratnawati. “Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan.” 170 Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2012, Hal. 170-187.

Yulianti, Denti. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Surya Sahabat Utama (Delear Suzuki)” Jurnal Manajeman dan Bisnis (Almana) Vol. 2 No. 1/April 2018.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles