Analisis Pengaruh Motivasi dan Keterampilan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Borneo di Pontianak

Authors

  • Natalia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan ketarampilan kerja terhadap kinerja karyawan yang diterapkan oleh pemimpin/manajer. Motivasi dan keterampilan kerja yang berbeda akan menentukan apakah kinerja karyawan yang hasil kerja dapat dicapai seseorang atau kelompok dalam suatu perusahaan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiasif dengan pendekatan kuantitatif. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh (sensus), yang diambil secara kesuluruhan, dikarenakan jumlah populasi yang kurang dari 100 orang. Instrumen ini terdiri dari 42 pasang kuesioner yang dihitung dengan menggunakan skala Likert. Respon atas kuisioner akan memetakan dominasi lima kebutuhan motivasi, yakni: fisiologis, keselamatan dan keamanan, rasa memiliki, harga diri, dan perwujudan diri. Setelah itu ada respon atas kuesioner akan memetakan dominasi empat keterampilan kerja, yakni: dasar, teknik, interpersonal, dan penyelesaian masalah. Dan yang terakhir ada respon atas kuisioner akan memetakan dominasi lima hasil kinerja karyawan, yakni: kuantitas, kualitas, ketepatan waktu, kehadiran, dan kemampuan untuk bekerja sama. Tiap motivasi dan keterampilan kerja terhadap kinerja karyawan memilki konsekuensi yang perlu dipertimbangkan oleh manajemen. Penelitian ini menemukan motivasi dan kinerja karyawan yang dominan pada Hotel Borneo di Pontianak adalah tinggi. Dan penelitian ini juga menemukan keterampilan kerja yang kurang dominan pada Hotel Borneo di Pontianak adalah keterampilan yang kurang.

References

Arestia, N. (2021). The Influence of Leadership Style and Organizational Culture on Job Satisfaction of the CUG Konsepsi Filosofi Petani Pancur Kasih Pontianak. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 5(2), 99-108.

Fadhil, A., & Mayowan, Y. (2018). “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Administrasi Bisnis” , 54 (1), 41-42.

Fatimah, F. N. (2017). Panduan Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan. Indonesia: Quadrant.

Lengkong, F., Lengkong, V. P., & Taroreh, R. N. “Pengaruh Keterampilan, Pengalaman, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal EMBA , vol 7,no.1 (Januari 2019) , pp. 281-290.

Prasetio, R. D., & Wulansari, S. P. (2016). Kinerja Karyawan dan Empiris. e-Proceeding of Management , 3 (3), 3001. Padang: PT. Semen Padang Biro Pekerjaan Umum.

Sumantri, P. E. (2016). Sumber Daya Manusia Yang Kompeten dan Empiris. Jurnal Pro Bisnis . ISSN : 1979 – 9268 e-ISSN : 2442 – 4536. Purwokerto: Usaha Penjualan Mobil Bekas

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles