Pengaruh Produk Tabungan, Kepercayaan Nasabah, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menabung pada Bank BPR Andalan Favorit Perdana di Pontianak

Authors

  • Irvan Armanta Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Industri jasa pada saat ini merupakan sektor ekonomi yang sangat besar dan pertumbuhannya pun sangat pesat. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak disektor jasa seperti perbankkan, persaingan yang tinggi antar bank akan membuat setiap perusahaan melakukan yang terbaik dalam memberikan jasa kepada konsumennya. Untuk meningkatkan keputusan menabung nasabah banyak faktor yang mempengaruhi, seperti produk tabungan, kepercayaan nasabah, dan kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh produk tabungan, kepercayaan nasabah, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung pada BANK BPR Andalan Favorit Perdana di Pontianak. Teknik analisa data penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling purposive, jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini digunakan alat bantu berupa software SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis dari uji t menunjukkan bahwa produk tabungan, kepercayaan nasabah, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menabung. Dapat ditarik kesimpulan pula bahwa produk tabungan, kepercayaan nasabah, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menabung pada BANK BPR Andalan Favorit Perdana di Pontianak. Saran yang diberikan peneliti pada pihak BANK BPR Andalan Favorit Perdana di Pontianak untuk meningkatkan keputusan menabung nasabah dengan cara melakukan pengarahan karyawan agar memiliki daya tanggap yang cepat dalam melayani nasabah, selalu bersikap terampil dalam menyapa calon nasabah yang datang.

References

Chandra Bayupratama. “Pengaruh Citra Bank Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menabung Melalui STIE Perbanas Surabaya”. 2017.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Novian Ekawaty, Dhia Husniah Athallah, Fida Nur Auliya Anwar. “Dampak Inovasi Produk Dan Reputasi Merek Terhadap Keputusan Menabung Melalui Universitas Singaperbangsa Karawang.” Jurnal Manajemen Bisnis: Vol 7, No 1 2020.

Santri Zulaicha, Rusda Irawati. “Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Prodi Administrasi Bisnis Terapan Politeknik Negeri Batam.” Jurnal Inovasi Dan Bisnis: Vol 4, No 2 Desember 2016.

Vennya, Saputra Padang, Veronica Ayu Lestari Napitupulu. “Pengaru Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Melalui Universitas Prima Indonesia”. Jurnal Aksara Publik: Vol 3, No 3 Agustus 2019.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles