Analisis Pengaruh Pengawasan dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan pada PT Sumber Alam di Pontianak

Authors

  • Yupentius Ahin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel pengawasan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan pada PT Sumber Alam di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi pada PT Sumber Alam di Pontianak sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan skala Likert dan bantuan program Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 22. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel pengawasan dan pelatihan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT Sumber Alam di Pontianak. Saran yang dapat diberikan penulis adalah agar perusahaan memberikan rasa nyaman kepada karyawan dengan tidak terlalu otoriter dalam mengawasi pekerjaan. Perusahaan juga harus lebih membangun suasana kekeluargaan dalam perusahaan. Selain itu karyawan harus lebih rajin datang bekerja dan tepat waktu sehingga pihak perusahaan tidak ragu untuk memberikan penghargaan.

References

Bangun,Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Bolung, Rio Vicky., Silcyljeova Moniharapon dan Genita G. Lumintang. 2018. “Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada BPMPD Provinsi Sulawesi Utara”. Jurnal EMBA, vol. 6, no. 3, pp. 1838-1847.

Herdino, Dodi dan Seno Andri. 2017. “Pengaruh Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Holcim Indonesia Cabang Perawang Kabupaten Siak”. JOM FISIP, Vol. 4, no. 2, pp. 1-11.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Lubis, B. Hermanto dan E. Edison. 2018. Manajemen dan Riset Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles