Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Harga Kompetitif dan Daya Tarik Promosi terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Cafe dan Resto di Kota Pontianak

Authors

  • Melly Indriani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dan signifikan pengaruh orientasi pelanggan, harga kompetitif, daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran UMKM cafe dan resto di kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 104 responden. Teknik analisa data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan skala rating dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS statistic versi 22. Hasil pengujian F menunjukkan bahwa masing-masing variabel memiliki hubungan yang signifikan, namun hasil pengujian secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa hanya orientasi pelanggan dan harga kompetitif yang berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, sedangkan daya tarik promosi tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM Cafe dan Resto di kota Pontianak.

References

Aqmala, Diana. “Peran Orientasi Penjualan dan Orientasi Pelanggan Serta Penginderaan Pelanggan Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan”. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 4, No. 2, 2019, hal 151-164.

Heryanto, Imam. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol. 9, No. 2, 2015, hal. 80-101.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

I Lee, Wan., Cheng Wu Chen, Tsung Hao Chen and Chen Yuan Chen. “The relationship between consumer orientation, service value, medical care service quality and patient satisfaction: The case of a medical center in Southern Taiwan”. African Journal of Business Management, Vol. 4(4) 2010, pp. 448-458.

Kodu, Sarini. “Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza”.Jurnal EMBA, Vol.1 No.3, 2013, hal. 1251-1259.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles