Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada CU Tri Tapang Kasih di Kecamatan Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu

Authors

  • Damianus Jaka Christori Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Mengelola kualitas sumber daya manusia akan membantu mempermudah organisasi untuk mencapai tujuan, salah satu faktor untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yaitu kompetensi dan komitmen. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kompetensi dan komitmen organisasi. Kompetensi karyawan akan mempengaruhi kinerja yang dapat menentukan kemampuan diri karyawan bagi perusahaan demikian juga suatu komitmen organisasi menunjukkan daya dari karyawan dalam melibatkan diri pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasi terhadap kinerja karyawan pada CU Tri Tapang Kasih Di Kecamatan Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 responden CU Tri Tapang Kasih Di Kecamatan Seberuang Kabupaten Kapuas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Pembahasan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Software spss versi 22 digunakan untuk pengujian model penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah kompetensi dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan

References

Edison, Emron, Anwar, Yohny dan Komariyah, Imas. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Kasmir. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia: teori dan pratik. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Nathannia, Yessica. 2018. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Warunk Upnormal Surabaya.” AGORA, Vol. 6, no. 1, hal. 1-9.

Supianto, Yudi. 2015. “Pengaruh Kompensasi dan Komitmen Organisasional terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan.”Vol. 11, No 2, Tahun.

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles