Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak

Authors

  • Agustina Wesi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan komunikasi terhadap kinerja karyawan pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling yang merupakan teknik sampling non random dimana peneliti menarik pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala likert dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Hasil pengujian validitas menujukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan oleh peneliti reliabel. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi dan komunikasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa budaya organisasi dan komunikasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Arestia, N. (2021). The Influence of Leadership Style and Organizational Culture on Job Satisfaction of the CUG Konsepsi Filosofi Petani Pancur Kasih Pontianak. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 5(2), 99-108.

Bademi. 2017. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Dessler, G. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia.Terjemahan, Jilid satu, Edisi kesepuluh. Indeks. Jakarta.

Fajar. 2017. Panduan Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan. Bantul: Penerbit Quadrant.

Mangkunegara, Prabu, Anwar. 2010. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Refika Aditama.

Mulyana D. 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Priansa. 2017. Perilaku Bisnis. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Stephen P. Robbins, Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles