Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pelanggan, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Makanan dan Minuman di Pontianak

Authors

  • Ferdinand Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel orientasi kewirausahaan, orientasi pelanggan, dan kualitas produk yang mempengaruhi kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan pembagian kuesioner. Penulis melakukan penelitian mengenai kinerja pemasaran dengan membagikan pertanyaan-pertanyaan kepada pelaku usaha, dengan sampel berjumlah 74 unit yang merupakan para pelaku usaha makanan dan minuman. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh mengenai orientasi kewirausahaan, orientasi pelanggan, dan kualitas produk dapat disimpulkan bahwa variabel penelitian yang digunakan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Pontianak.

References

Astuti, Dwi Dani. “Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Kompetensi Pengetahuan Terhadap Kapabilitas Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empirik Pada Industri pakaian Jadi Di Kota Rogojampi Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Prosiding Seminar Nasional, ISBN 978-602-60569-2-4.

Gunawan, C.I., Solikhah, S.Q. dan Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era COVID-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200-207.

Khotimah, Khusnul, Any Urwatul Wutsqo, dan Miftahul Huda. “Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Dan Orientasi Kewirausahaan.” Jurnal Sketsa Bisnis, vol.4,no.2, Desember 2017. Pp.76-84.

Wawo, Fernando L.P, Joyce Lapian, dan Raymond Kawet. “Analisis Kualitas Produk, Promosi dan Distribusi Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. Daya Adicipta Wisesa (Honda) Watutumou.” Jurnal EMBA, vol.4, no.3, September 2016.Pp.741-750.

Wirawan, Yahya Reka. “Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Batik Di Kabupaten Jombang.” Equilibrium, vol.5,no.1,2017.Pp.56-69.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles