Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Tipe Matik pada PT Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak

Authors

  • Gregorius Leo Untung Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kendaraan merupakan sarana transpotasi yang sangat mendukung mobilitas manusia pada saat ini. Perkembangan teknologi otomotif yang juga semakin maju dan berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia seperti perkembangan teknologi kendaraan matik pada kendaraan roda dua atau sepeda motor. Kendaraan roda dua atau sepeda motor menjadi pilihan yang paling diminati oleh semua orang, selain praktis dan juga hemat dalam penggunaan bahan bakan minyak, dan sangat efisien dalam membantu aktifitas baik efisien dalam waktu untuk menuju tempat tujuan dan harga yang lebih terjangkau. Dealer PT. Nusantara Surya Sakti (NSS) adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bagian penjualan sepeda motor Honda yang ada di kota Pontianak. Penelitian ini penulis menggunakan analisis kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, populasi seluruh konsumen Dealer PT. Nusantara Surya Sakti (NSS) cabang Pontianak, sampel sebanyak 100 orang. Analisis setiap jawaban diberikan bobot dengan Skala Reting dan perngolahan data menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 22. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi berganda, serta uji f dan uji t. Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk, harga dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Alma, H. Buchari. 2011. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2012. Konsumen Teori Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Sampurno. 2011. Manajemen Pemasaran Farmasi. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitiy Press.

Supranto, J dan Nanda Limakrisna. 2011. Perilaku Konsumen & Strategis Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Wahyudi, Sandy. 2012. Entrepreneurial Brand And Selling. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen kualitas Jasa. Jakarta Barat: PT Indeks.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles