Analisis Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing Produk dan Harga Kompetitif terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kerajinan Tangan di Kota Pontianak)

Authors

  • Leonardo Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Pada era modern saat ini, kegiatan pemasaran produk memerlukan lebih dari sekedar pengembangan produk dan sesuatu yang menarik. Hal tersebut membuat pada pengusaha lain berlomba lomba mengembangkan produk dan terjadi persainggan produk yang tak dapat dihindarkan. Perusahaan dituntut untuk memahami strategi orientasi pasar yang tepat, keunggulan bersaing produk yang benar dan harga kompetitif. Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel orientasi pasar, keunggulan bersaing produk dan harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Anjaningrum, Widiya Dewi, dan Agus Purnomo Sidi. 2018. "Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Kreativitas Produk Terhadap Kinerja Industri Kreatif Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing." Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia 12.2 hal.30-47.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Pritandhari, Meyta. 2015. "Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada BMT Amanah Ummah Sukoharjo)." Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3.1, hal.4156.

Santoso, Baharudin Yakub Didik, dan Yohanes Sugiarto. 2016. "Pengaruh Orientasi Pasar dan Customer Relationship Management Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Warung Makan Sekitar Alun-alun di Kota Sragen." Diponegoro Journal of Management 5.3, hal.412-426.

Wulandari, Ela, dan Indri Murniawaty. 2019. "Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Diferensiasi Produk dan Diferensiasai Citra Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran IKM Kopi di Kabupaten Temanggung." Jurnal Manajemen Pemasaran 13.2, hal.69-77.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles