Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Sepanjang Inti Surya Mulia Di Ketapang

Authors

  • Christine Shonia Wulandari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah budaya organisasi dan kompetensi kerja. Budaya organisasi merupakan salah satu bagian yang penting dalam perusahaan, karenanya keberadaannya sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Dengan adanya budaya organisasi yang baik dalam sebuah organisasi atau perusahaan maka akan membuat kinerja karyawan meningkat, begitu pula dengan kompetensi kerja yang baik dan sesuai dengan standar organisasi dimana tempat karyawan bekerja, karena didalam sebuah organisasi atau perusahaan yang memiliki budaya serta kompetensi yang baik maka akan membuat karyawannya bekerja optimal. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 95 responden yang merupakan karyawan PT Sepanjang Inti Surya Mulia di Ketapang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sample random sampling. Pembahasan menggunakan uji reliabilitas, uji valliditas, uji asumsi klasik (normalitas, linearitas multikolinearitas dan heteroskedisitas), analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Softwarespss versi 22 digunakan untuk pengujian model penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah budaya organisasi tidak berpengeruh signifikan terhadap kinerja kariawan dan komepetensi kerja berpengeruh signifikanterhadap kinerja karyawan secara persial. Sedangkan secara simultan budaya organisasi dan kompetensi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja kariawan.

References

Ali, Baba. 2014. “Pengaruh Kompetensi, Komunikasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Semen Bosowa Maros.” Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, vol. 18, no. 5 (Desember). Pp. 524-540.

Busro, Muhammad. 2018. Teori-teori Manajeman Sumber Daya Manusia, edisi pertama. Jakarta: PRENADEMEDIA GROUP.

Edison, Emron,. Anwar, Yohny., dan Komariah, Imas. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Elizar., Tanjung, Hasrudy. 2018. “Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol 1, No. 1 (September),pp. 46-58.

Ivancevich, John M. 2002. Organizational Behavior and Management. New York: McGrew-Hill.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles