Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Cafe dan Resto di Kota Pontianak

Authors

  • Kiki Novara Anggita Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa signitifikan pengaruh orientasi pasar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha cafe dan resto di kota pontianak. Jumlah pelaku usaha yang semakin berkembang menuntut kemampuan bersaing dalam memasarkan produk. Populasi dalam penelitian ini pelaku usaha Cafe dan Resto di kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 unit usaha. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik menggunakan SPSS versi 22 dengan pengujian validitas, realibilitas, asumsi klasik, analisis korelasi dan koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan hipotesis uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukan bahwa variabel orientasi pasar berpengaruh positif dan signitifikan terhadap variabel kinerja pemasaran dan variabel keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signitifikan terhadap variabel kinerja pemasaran.

References

Djodjobo,Cynthia V., dan Hendra N. Tawas. 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasarah Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3 : 1214-1224.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Kusuma, Komang Aditya Nanda dan Ni Made Rastini. 2017. Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-jurnal mananjemen unud, Vol. 6 No.8: 4240-4268, ISSN: 23028912.

Utaminingsih, Adijati. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi Dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UKM Kerajinan RotanDi Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara, media ekonomi dan manajemen, Vol.31 No.2.

Zou K, 2005. The Effect of Stategic Orientations on Technology and Market Based Breakthrough Innovations. Journal of Marketing. Vol.69.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles