Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor Pusat Credit Union Khatulistiwa Bakti Pontianak

Authors

  • Yuliana Rosita Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja, komitmen organisasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada kantor pusat credit union khatulistiwa bakti Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu metode asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawanara dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan pusat credit union khatulistiwa bakti Pontianak serta jumlah sampel yang diambil oleh penulis yaitu sebanyak 34 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Pembahasan dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Karyawan dan Disiplin Kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Arestia, N. (2021). The Influence of Leadership Style and Organizational Culture on Job Satisfaction of the CUG Konsepsi Filosofi Petani Pancur Kasih Pontianak. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 5(2), 99-108.

Fitriastuti, Triana. 2013. “pengaruh kecerdasan emosionel, komitmen organisasi dan Organization citizenship benavior terhadap kinerja karyawan.” Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 4 no. 2, pp. 103-114.

Mangkunegara, Prabu, Anwar. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Putrana, Yoga., Azis Fathoni dan Moh Mukeri Warso. 2016. “Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organization Behaviore dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. Gelora Persada Mediatama Semarang.” Jurnal of Managemen, Vol. 2,No.2, pp. 1-13.

Syafrina, Nova. 2017. “Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Suka Fajar Pekan Baru.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8,no.4, pp. 1-12.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles