Analisis Pengaruh Manajemen Konflik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PD Puncak Jaya di Pontianak

Authors

  • David Ginola Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh manajemen konflik dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PD Puncak Jaya di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dan menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter dan penyebaran kuesioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa hasil pengisian kuesioner oleh responden dengan menggunakan alat analisis skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PD Puncak Jaya yang berjumlah 36 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikoliniearitas, heterokedastisitas), analisis regresi linier berganda, analisis signifikansi koefisien regresi (uji F, uji t, R square). Dengan menggunakan teknik pengumpulan data sample jenuh dengan metode sensus, kuesioner dibagikan kepada seluruh karyawan dan hasil dari penyebaran kuesioner diolah dengan memberikan bobot penilaian berdasarkan skala likert. Hasil tersebut kemudian diolah menggunakan program SPSS 24. Metode yang digunakan analisis deskriptif terhadap karakteristik responden. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa manajemen konflik dan motivasi kerja secara efektif dan simultan dalam mempengaruhi kinerja karyawan pada PD Puncak Jaya. Saran yang dapat penulis berikan untuk perusahaan yaitu mempertahankan dan meningkatkan pencapaiannya dalam beberapa dimensi manajemen konflik seperti menghindar, akomodasi, kompetisi, kompromi dan kolaborasi. Untuk dimensi motivasi kerja yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan untuk disukai, kebutuhan harga diri dan kebutuhan pengembangan diri. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan peneliti menambahkan variabel lain yang dapat memengaruhi kinerja karyawan.

References

Chang, William. Metodologi Penulisan Ilmiah:Teknik Penulisan ESAI, SKRIPSI, TESIS & DISERTASI Untuk MAHASISWA. Pontianak: Penerbit Erlangga, 2014.

Edison, Emron, Yohny Anwar, dan Imas Komariyah. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Alfabeta, 2016.

Gunawan, C.I., Solikhah, S.Q. dan Yulita, Y. (2021). Model Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Era COVID-19. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 9(2), 200-207.

Moeheriono. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia, 2003.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles