Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Produk Merek Makita pada PD Maha Jaya Teknik di Pontianak

Authors

  • Feryanto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh harga kompetitif, kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap minat beli. Strategi apa yang akan diterapkan PD Maha Jaya Teknik di Pontianak, dan untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden terhadap harga kompetitif, kepercayaan merek dan kualitas produk sehingga membuat mereka memutuskan untuk membeli. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kausalitas dengan melihat sebab dan akibat dari variabel independen dan dependen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumenter dengan populasi yang digunakan adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian pada tahun 2019 sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode sensus, maka sampel yang diambil adalah responden yang pernah melakukan pembelian dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel harga kompetitif, kepercayaan merek dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Saran dalam penelitian ini, untuk variabel harga kompetitif yaitu mempertahankan harga dengan cara memberikan potongan harga bila konsumen membeli sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan memberlakukan jangka waktu pembayaran yang cukup longgar bagi konsumennya, variabel kepercayaan merek yaitu lebih mempertahankan kualitasnya yang terkenal dan produk dapat melaksanakan fungsinya sesuai yang diharapkan konsumen dan variabel kualitas produk yaitu dapat bersaing dengan kualitas produk merek lainnya dan menambah keragaman jenis produk yang memadai.

References

Kustini, Nuruni Ika. 2011. Experiental Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and Their Effect on Loyalty on Honda Motorcycle Product. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, Vol. 14, No. 1.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto, Dwi et al. 2017. Ritel Pengelolaan dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, Tony. 2018. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles