Brand Equity Larutan Penyegar Cap Badak pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak

Authors

  • Ricky Manajemen STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan perusahaan dalam meningkatkan Brand Equity larutan penyegar Cap Badak, dan untuk mengetahui tanggapan responden mengenai keempat  elemen Brand Equity yang terdiri dari brand awareness, brand association, perceived quality,  dan brand loyalty. Didalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan objek penelitian konsumen potensial dan konsumen real larutan penyegar Cap Badak. Teknik pengumpulan data yang dipakai menggunakan kuesioner dan wawancara, dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisa kualitatif. Hasil tanggapan responden untuk keempat komponen Brand Equity yaitu penilaian brand awareness sebesar 82,20 persen, brand association sebesar 80,60 persen, perceived quality sebesar 81,20 persen dan brand loyalty sebesar 80,20 persen. Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis kepada pihak PT Sumber Fajar Inti Abadi Di Pontianak sebaiknya kegiatan promosi ditingkatkan mengingat terdapat kerancuan penyebutan merek. Hal ini dikarenakan larutan penyegar Cap Badak sebelumnya menggunakan logo binatang badak tetapi nama merek Cap Kaki Tiga. Perusahaan dapat memperdalam pangsa pasarnya dengan mendistribusikan produk bukan hanya sampai tingkat warung-warung, tapi perusahaan juga dapat mendistribusikan produk kesekolah-sekolah dengan memberikan frizer disekolah sekolah agar kantin sekolah dapat mudah untuk menjual produk tersebut.

Downloads

Published

2023-06-02

Issue

Section

Articles