Pengaruh Leverage, Total Asset Turnover, Sales Growth, dan Working Capital Turnover terhadap Return on Asset pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Santi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Perusahaan dalam upaya meraih laba, perlu ditunjang oleh pendanaan yang memadai dan kemampuan manajemen mengelola keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, total assets turnover, sales growth, dan working capital turnover terhadap return on asset. Objek pada 39 Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia dengan pemilihan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Bentuk penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter. Pengujian dengan permodelan regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif terhadap return on asset, total assets turnover berpengaruh positif, sedangkan sales growth dan working capital turnover tidak berpengaruh. Penggunaan pendanaan ekternal bersumber dari utang yang semakin tinggi menimbulkan beban tetap yang semakin tinggi pula yang kemudian menjadi penyebab penurunan laba.

References

Azlina, Nur. 2009. “Pengaruh Tingkat Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal dan Skala Perusahaan terhadap Profitabilitas.” Pekbis Jurnal, Vol. 1, No. 2, hal. 107-114.

Farhana, Cintya Dewi, Gede Putu Agus Jana Susila, dan I Wayan Suwendra. 2016. “Pengaruh Perputaran Persediaan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas pada PT Ambara Madya Sejati di Singaraja Tahun 2012-2014.” Jurnal Manajemen, Vol. 4, No. 1, hal. 1-10.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Supardi Herman, H. Suratno, dan Suryanto. 2017. “Pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Total Asset Turnover dan Inflasi terhadap Return on Asset.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi. Vol. 2, No. 1, hal. 16-27.

Suryaputra, Gladys dan Yulius Jogi Christiawan. 2016. “Pengaruh Manajemen Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2014.” Business Accounting Review. Vol 4, No. 1, hal. 493-504.

Warrad, Lina dan Rania Al. Omari. 2015. “The Impact of Activity Ratios among Industrial Sectors’ Perfomance: Jordanian Case.” Research Journal of Finance and Accounting, Vol. 6, No. 6, pp. 173-178.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles