Studi Komparatif Penerapan Metode Capital Asset Pricing Model dan Arbitrage Pricing Theory terhadap Return dan Risk Perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Nathasia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penerapan metode Capital Asset Pricing Model maupun penerapan metode Arbitrage Pricing Theory terhadap return dan risk perusahaan. Bentuk penelitian yang dilakukan merupakan penelitian komparatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter yang berupa data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Dalam menentukan sampel penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 30 perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji statistik non parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan return dalam penerapan metode Capital Asset Pricing Model dan Arbitrage Pricing Theory.

References

Djaja, Irwan. 2017. All about Corporate Valuation – Memetakan, Menciptakan, Mengukur, dan Merealisasikan Nilai Perusahaan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Harmono. 2018. Manajemen Keuangan Berbasis Balaced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Husnan, Suad, dan Enny Pudjiastuti. 2015. Dasar-dasar Manajemen Keuangan.Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Ross, Stephen A., Randolph W. Westerfield dan Jeffrey Jaffe. 2013. Corporate Finance Tenth Edition. McGraw-Hill Irwin.

Santoso, H. (2019). The Impact of Investment Decision and Funding on Financial Performance and Firm Value. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 103-112.

Sartono, Agus. 2015. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Van Horne, James C, dan John M. Wachowicz Jr. 2017. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Penerjemah: Heru Sutojo. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles