Analisis Pengaruh Brand Equity, Kinerja Layanan dan Customer Experience terhadap Minat Menginap Kembali di Hotel Grand Kartika Pontianak

Authors

  • Vivi Febrianti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh, brand equity, kinerja layanan dan customer experience terhadap minat menginap kembali. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang pernah menginap di Hotel Grand Kartika Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 130 responden berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan bantuan software SPSS Statistic versi 22 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi dan koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrument yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan bahwa variable brand equity berpengaruh positif dan tidak terdapat pengaruh signifikansi terhadap minat menginap kembali, kinerja layanan dan customer experience berpengaruh positif dan dapat mempengaruhi minat menginap kembali. Oleh karena itu brand equity, kinerja layanan dan customer experience dan minat menginap kembali berpengaruh signifikan terhadap minat menginap kembali di Hotel Grand Kartika Pontianak.

References

Abdullah, Kalthom, Jan M.T., dan Manaf, N.H.A. “A Structural Equation Modelling Approach To Validate The Dimensions Of Servperf In Airline Industry Of Malaysia.” International Journal Of Engineering And Management Sciences, vol.3(2) 2012, hal 134-141.

Adzkiya, Fina Auliya. “Pengaruh Orientasi Merek, Kepercayaan Dalam Membeli Online dan Pengalaman Membeli Online Sebelumnya Terhadap Niat Pembelian Online.” Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Surakarta,2017.

Agusli, Devonalita dan Kunto, Yohanes S. “Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, vol.1,no.2, 2013, hal 7.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Susanti, Febsri dan Ekazaputri, Winda. “Service Performance dan Keputusan Sebagai Moderating Variabel Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT BPR Labuh Gunung Payakumbuh” Jurnal Benefita, vol.3,no.3, 2018, hal 433-444.

Wardani, Ervan A. “Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Kertanegara Guest House Malang.” Department of Management FEB UMM. Malang: 2015.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles