Pengaruh Earning Per Share, Struktur Modal dan Likuiditas terhadap Return Saham pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Desi Clarita Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh earning per share, struktur modal, dan likuiditas terhadap return saham. Bentuk penelitian asosiatif dengan model regresi OLS dan pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Objek penelitian pada lima belas Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman di BEI. Hasil analisis menunjukkan bahwa earning per share berpengaruh positif terhadap return saham sedangkan struktur modal dan likuiditas tidak berpengaruh. Perusahaan yang semakin mampu menghasilkan laba yang semakin tinggi menunjukkan kinerja keuangan perusahaan yang baik yang kemudian dapat mendorong return saham perusahaan. Kemampuan model penelitian ini menjelaskan perubahan return saham sebesar 14,5 persen.

References

Anwaar, Maryyam. 2016. “Impact of Firms’ Performance on Stock Return (Evidence from Listed Companies of FTSE-100 Index London, UK).” Global Journal of Management and Business Research, Vol. 16, No. 1, Hal. 31-38.

Arista, Desy dan Astohar. 2012. ”Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Return Saham.” Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, Vol. 3, No. 1, Hal. 115.

Mulyana, Deden. 2011. “Analisis Likuiditas Saham serta Pengaruhnya terhadap Harga Saham pada Perusahaan yang Berada pada Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Magister Manajemen, Vol. 3, No. 1, Hal. 77-96.

Sugiarto, Agung. 2011. “Analisa Pengaruh Beta, Size Perusahaan, DER dan PBV Ratio terhadap Return Saham.” Jurnal Dinamika Akuntansi, vol. 3, No. 1, pp. 8-14.

Taufik. 2009. “Pengaruh Faktor Fundamental terhadap Return Saham.” Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 7, No. 13, Hal. 1-12.

Willim, A.P. dan Santoso, H. (2020). Corporate’s Action and Market’s Reaction in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 13699-13707.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles