Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak

Authors

  • Agapitus Dody Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pelanggan dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemilik UMKM Makanan dan Minuman di Pontianak serta jumlah sampel yang diambil oleh penulis yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa variabel Orientasi Pelanggan dan Kualitas Produk yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan Uji t memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman. Saran yang diberikan penulis kepada UMKM Makanan dan Minuman ini harus mempertahankan dan lebih meningkatkan kesadaran yang lebih besar terhadap Orientasi Pelanggan untuk meningkatkan Kinerja Pemasaran. UMKM Makanan dan Minuman harus mempertahankan dan lebih meningkatkan Kualitas Produk yang baik untuk meningkatkan Kinerja Pemasaran terhadap usaha yang dijalankan.

References

Azizah, Umi dan Ida Maftukhah. 2017. Pengaruh Kemitraan dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing. Management Analysis Journal, 6.2.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Irwan, Deny, dan Edwin Japarianto. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal manajemen pemasaran Vol. 1, No. 2, hal 1-8.

Kasmiruddin. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Pengembangan Produk terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kerajinan Kecil Rotan di Kecamatan Rumbai Pesisir. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol 7.1.

Kuswanti dan Dorojatun Prihandono. 2017. Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing. Management Analisis Journal, 6.3.

Maryati, Siti. 2010. Pengaruh Orientasi Pasar dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Industri Kecil Kerupuk Terung Di Kota Semarang. Dissertasi. Universitas Negeri Semarang.

Ramapuram, Thersi Emmanuel, dan Adarsh Batra. 2010. The Effect Restaurant Attributes on Customer Overall Perception and Return Patronage: A Case Study on Ebony Restaurant, Bangalone, India. Master of Business Administration, hal.34.

Setiawan, Heri. 2012. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke-VIII.

Supranoto, Meike. 2009. Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Dissertasi. Universitas Diponegoro Semarang.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles