Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Store Atmosphere, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Supermarket Garuda Mitra di Pontianak

Authors

  • Denny Ravendy Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kinerja Layanan, Store Atmosphere, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Supermarket Garuda Mitra di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 178.589 orang yang diambil dari data perolehan pada periode atau tahun terakhir dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan pengujian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t dapat disimpulkan bahwa variabel Kinerja Layanan, Store Atmosphere, dan Lokasi berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Supermarket Garuda Mitra di Pontianak. Adapun saran-saran dari penulis kepada Supermarket Garuda Mitra di Pontianak adalah mempertahankan karyawan yang memiliki kinerja layanan yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, mengumpulkan berbagai informasi tentang trend terkini serta memperhatikan lokasi yang membuat konsumen merasa nyaman dalam berbelanja.

References

Alfarian, Adyon Amra, dan Masreviastuti. “Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Golden Minimarket Kota Batu.” Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol. 3, No. 2 (2017): 477-482.

Aliyan, Muhammad Ivan, Naili Farida, dan Sari Listyorini. “Pengaruh Citra Toko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 4, No. 2 (2015): 1-10.

Fikri, M. Z., dan A. S. Mulazid. “Pengaruh Brand Image, Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket “Kedai Yatim”.” Jurnal Syarikah. Vol. 4, No. 1, Juni 2018, Hal. 22-32.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Wariki, Grace Marleen, Lisbeth Mananeke, dan Hendra Tawas. “Pengaruh Bauran Promosi Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado.” Jurnal EMBA. Vol. 3, No. 2, Juni 2015, Hal. 1073-1085.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles