Pengaruh Struktur Modal, Arus Kas Bebas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Vivy Muliyani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Struktur Modal, Arus Kas Bebas, Profitabilitas dan Ukuran perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Bentuk penelitian adalah penelitian hubungan kausal dengan metode kuantitatif. Pada penelitian menggunakan laporan keuangan yang dipublikasikan tahun 2014 sampai 2018. Populasi sebanyak 52 perusahaan dan sampel sebanyak 35 perusahaan, diambil dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien korelasi dan determinasi serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, arus kas bebas dan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Keempat faktor pada penelitian ini memiliki kemampuan sebesar 20,6 persen dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan, sedangkan sisa sebesar 79,4 persen dijelaskan faktor lain. Saran yang diberikan dalam penelitian selanjutnya agar dapat mengembangkan variabel baru dan menggunakan objek penelitian lain sehingga memberikan gambaran tentang nilai perusahaan.

References

Azhar, F. 2018. “Pengaruh Struktur modal, Likuiditas, dan Arus Kas Bebas terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan.” Akademika Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Bisnis, volume 16, edisi no.2, Agustus.

Cahyono, Rita Andini dan Kharis Raharjo. 2016. “Pengaruh komite audit, kepemilikan institusional, dewan komisaris, ukuran perusahaan (SIZE), leverage (DER) dan profitabilitas (ROA) terhadap tindakan penghindaran pajak (TAX AVOIDANCE) pada perusahaan perbankan yang listing BEI periode tahun 2011-2013.” Journal of Accounting. volume 2 no.2 maret.

Dewi, dan Atmadja. “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2008 – 2012.” Jurnal Akuntansi S1. volume 2 edisi no.1.

Jaya, S. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Firm Size) dan Profitabilitas (ROA) terhadap Nilai Perusahaan (Firm Value) pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen Motivasi, 16(1), 38-44.

Mardasari. 2014. “Pengaruh indisder ownership, kebijakan hutang dan free cash flow terhadap nilai perusahaan memalui kebijakan dividen.” Jurnal Ilmu Manajemen. volume 2, no 4, oktober.

Meizani, A dan Tri Okta Viani. 2017. “Pengaruh Profitabilitas, Size dan Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Bisnis-27 yang terdapat di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Manajemen Magister. volume 3, edisi no.2, Juli.

Nurhayati, Mafizatun. 2013. “Profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan pengaruhnya terhadap kebijakaan dividend dan nilai perusahaan sektor non jasa.” Jurnal Keuangan dan Bisnis. vol 5, no.2, juli.

Septariani. 2017. “Pengaruh Kebijakan Dividen, dan Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan.” Journal of Applied Business and Economics. volume.3, edisi no.3, Maret, hal 183 – 195.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles