Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Anggota pada KSP Tepian Taduh Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang

Authors

  • Ajinsius Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada anggota KSP Tepian Taduh, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas layanan, kepercayaan, dan komitmen terhadap loyalitas anggota pada KSP Tepian Taduh Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan kuisioner terhadap 100 responden dengan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik purpose sampling merupakan penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa variabel kualitas layanan, kepercayaan, dan komitmen memiliki pengaruh yang bernilai positif terhadap loyalitas anggota. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa semua variabel dari kualitas layanan, kepercayaan, dan komitmen berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas.

References

Bagraim, J. 2010. Multiple affective commitments and salient outcomes: The improbable case of information technology knowledge workers. “The Electronic Journal Information Systems Evaluation”, Vol.13, pp 97-106.

Dimitriades, Zoe S. 2006. 'Customer Satisfaction, Loyalty and Commitment in Service Organizations', Management Research iy'ews. Vol. 29-No. 12. 2006, pp 782-800.

Fullerton, G. 2003. When does commitment lead to loyalty Journal of Service Research, 5 (4), 333-334.

Putri, Y. L. & Utomo, H. 2017. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Jurnal Among Makarti 10(19), 70– 90.

Sanzo, M.J. Santos, L. Vazquez. 2003. ”The Role Market Orientation in Bussiness Dynamic Relationship : Testing an Integrator Model,” Journal of Marketing Management, Vol.19, p.73-107.

Seogoto, A.S. 2013. “Persepsi Nilai dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen”. Jurnal EMBA, Vol. 1, No. 3, Hal. 1271-1283.

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles