Analisis Pengaruh Citra Toko, Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian Supermarket Citra Siantan Pontianak

Penulis

  • Deni Suyanto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Pada era modern saat ini, kegiatan bisnis ritel saat ini yang semakin ketat mendorong para pelaku bisnis ritel atau perusahaan ritel mempunyai strategi yang jitu agar aktivitas bisnisnya dapat unggul. Hal tersebut membuat pada pengusaha ritel lain berlomba-lomba mengembangkan bisnis ritel yang menarik bagi konsumen. Pengusaha ritel dituntut untuk memahami strategi citra toko yang tepat, kualitas pelayanan yang benar dan suasana toko. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra toko, kualitas pelayanan, dan suasana toko terhadap keputusan pembelian. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang berkunjung ke Supermarket Citra Siantan Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SPSS 22 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian secara menunjukkan variabel citra toko, kualitas pelayanan dan suasana toko berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

Referensi

Adriana, Lantika Putri, dan Augusty Tae Ferdinand. 2016. “Analisis Pengaruh Citra Toko Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko H.A Laury Di Semarang.” Journal of Management, vol.5, no.3, hal. 1-13.

Andhika, Dwitama, Suardi, dan Ira Nuriya Santi. 2016. “Pengaruh Suasana Toko Dan Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Buku Ramedia Di Kota Palu.” Jurnal Ilmu Manajemen, vol.2, no.3, hal. 219-228.

Henny, Welsa, dan Muhamad Khoironi. 2019. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Ebbank, vol.10, no.1, hal. 1-16.

Joko, Samboro, Lina Budiarti, dan Eko Boedhi Santoso. 2019. “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Buku Togamas Malang.” Jurnal Administrasi Dan Bisnis, vol.13, no.1, hal. 75-82.

Meliana, Sulistiono, dan Budi Setiawan. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmiah Manajemen, vol.1, no.3, hal. 247-254.

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles