PENGARUH BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CAT MEREK AVIAN PADA PT TIRTAKENCANA TATAWARNA DI PONTIANAK

Authors

  • Hanandra Wijaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian cat merek Avian. Metode penelitian yakni deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah semua konsumen akhir (end user) yang ada di kota Pontianak yang telah membeli cat merek Avian. Penulis mengambil sampel sebanyak seratus orang dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria pernah membeli dan telah memakai cat merek Avian. Dari perhitungan yang dilakukan oleh penulis, penulis mendapatkan semua variabel bebas yang digunakan oleh peneliti adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Koefisien determinasi menghasilkan nilai sebesar 0,671. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, maka persamaan regresi berganda adalah Y = 1,102 – 0,076X1 +0,102X2 + 0,705X3. Hasil perhitungan uji F menghasilkan nilai sebesar 65,142 pada tingkat signifikansi 0,005. Pengujian secara parsial menghasilkan variabel brand recognition dan variabel brand recall tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan variabel top of mind  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Downloads

Published

2016-09-05

Issue

Section

Articles