Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi, Disiplin Kerja, dan Keadilan Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Merpati Pontianak

Authors

  • Tenggo Rojes Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi disiplin kerja dan keadilan organisasional terhadap kinerja karyawan pada Hotel Merpati di Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini sebanyak 90 orang karyawan di Hotel Merpati Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden pada Hotel Merpati di Pontianak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik sampling purposive berdasarkan tingkat pendidikan minimal SMA dan pendidikan lanjutan yang di jadikan sampel responden. Pembahasan dengan mengunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Model Pengujian yang digunakan menggunakan program software spss 22. Hasil dari penelitian ini adalah komitmen organisasional dan disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Edison, Emron., Anwar, Yohny., Komariyah, Imas. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta,

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Kasmir. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Depok: Penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sinambela, Lijan Poltak. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia; Membangun Tim Kerja yang solid untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Penerbit Alfabeta,

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles