Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Fransiska Enalia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh profitabilitas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 15 sampel yang terdiri dari 75 data. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji interaksi, semua dilakukan dengan menggunakan alat pengolahan data berupa SPSS for windows versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas (ROA), struktur modal (DER) dan ukuran perusahaan (FZ) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Ukuran Perusahaan mampu memoderasi secara positif (memperkuat) pengaruh profitabilitas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan.

References

Audrey, Cecilia dan Ngatno. 2018. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Moderator. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol 7. Universitas Diponegoro, Semarang.

Brahmana, R.K. dan Kontesa, M. (2021). Does Clean Technology Weaken the Environmental Impact on the Financial Performance? Insight from Global Oil and Gas Companies. Business Strategy and the Environment, 30(7), 3411-3423.

Dewi dan Wirajaya. 2013. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. EJournal Akuntansi Universitas Yudayana, Bali. ISSN No: 358-372.

Iskandar. 2016. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Consumer Goods Industry Di Indonesia. Conference On Management And Behavioral Studies. Universitas Tarumanagara, Jakarta. e-ISSN NO: 2541-2850.

Mudjijah, Slamet., Zulvia dan Diah. 2019. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Variabel Ukuran Perusahaan Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Universitas Budi Luhur, Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 8.ISSN No: 22527141.

Triagustina, Lant i. Sukarmanto, Edi., Helliana. 2014. Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Islam, Bandung. ISSN No: 2460-6561.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles