Analisis Pengaruh Pelatihan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Hok Tong di Pontianak

Penulis

  • Petrus Piter Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelatihan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT Hok Tong di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah teknik Slovin. Jumlah sampel sebanyak seratus empat puluh dua (142) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22(Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan dan budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT Hok Tong di Pontianak. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa pelatihan dan budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa pelatihan dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Hok Tong di Pontianak. Saran dari peneliti untuk pihak PT Hok Tong di Pontianak adalah lebih mamberi pelatihan harus sesuai dengan perkembangan teknologi sehingga dapat mendukung kinerja karyawan.

Referensi

Edison, Emron. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2016. Perilaku Organisasi Teori, Aplikasi, dan Kasus. Bandung: Alfabeta.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Kasmir. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia: (Teori dan Praktik). Depok: Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Kaswan. 2016. Pelatihan dan Pengembangan: Untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles