Analisis Pengaruh Orientasi Wirausaha, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Pontianak (Studi Kasus UMKM Warung Makan di Pontianak)

Authors

  • Stefani Talia Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Pada era modern saat ini, kegiatan pemasaran dalam bidang kuliner memerlukan lebih dari sekedar menyajikan makanan yang lezat kepada konsumen. Hal ini membuat pelaku usaha berlomba – lomba untuk menetapkan strategi yang tepat dalam menarik konsumen. Pelaku usaha dituntut untuk memahami orientasi wirausaha yang tepat, melakukan inovasi produk, dan mempertahankan kualitas produk. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian secara parsial menunjukkan variabel orientasi wirausaha, inovasi produk, dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Djodjobo, Cynthia Vanessa dan Hendra N. Tawas. 2015. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado”. Jurnal EMBA, vol 2 no 3, September, hal 1214-1224.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Mawu, Indra Perdana Putra, Silvya I Mandey, dan Hendra N. Tawas. 2016. “Analisis Pengaruh Kompetensi Pengetahuan Pemasaran dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Wirausaha Industri Rumah Kayu Kota Tomohon)”. Jurnal EMBA, vol 4 no 3, September, hal 173 – 183.

Rahmasari, Linda. 2004. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk dan Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing Serta Kinerja Pemasaran”. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro,

Sarjita. 2017. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran pada Sentra Industri Kecil Pembuatan Bakpia di Kabupaten Bantul”. JBMA, vol iv, no 2, September.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles