Studi Citra Toko, Store Atmosphere dan Keberagaman Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Minimarket Citra Niaga di Pontianak)

Authors

  • Yohanes Samuel Halim Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh citra toko, store atmosphere, dan keberagaman produk terhadap keputusan pembelian pada Minimarket Citra Niaga di Pontianak. Penulis menggunakan bentuk penelitian kausal komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi dokumenter. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak seratus dua puluh data yang diperoleh melalui teknik nonprobability sampling dengan metode sampling insidental untuk mewakili jumlah populasi yang tidak diketahui jumlahnya. Teknik analisis dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan pengujian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji f, dan uji t dapat disimpulkan bahwa variabel citra toko dan store atmosphere berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Minimarket Citra Niaga di Pontianak.

References

Afiani, Desy. 2019. “Pengaruh Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Stars.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol. 7, No. 03, Hal. 524.

Agustina, Lela. 2017. “Pengaruh Suasana Toko dan Keanekaragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Toserba Maya di Kec. Randublatung Kab. Blora.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol 1, No. 1, Hal. 42-43.

Arsyanti, Nuri Mahdi dan Sri Rahayu Tri Astuti. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang. (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang).” Diponegoro Journal Of Management. Vol 5, No. 2, Hal. 4.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Pontoh, Marcella Engelin, Silcyljeova Moniharapon dan Ferdy Roring. 2017. “Pengaruh Display Produk dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Matahari Department Store Mega Mall Manado.” Jurnal EMBA, Vol. 5, No. 2, Hal. 1823-1833.

Putri, Adriana Lantika dan Augusty Tae Ferdinand. 2016. “Analisis Pengaruh Citra Toko dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko H.A Laury Di Semarang.” Diponegoro Journal Of Management. Vol. 5, No. 3, Hal. 1-13.

Tansala, Tinneke M. Tumbel dan Olivia F. C. Walangitan. 2019. “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 8, No. 1, Hal. 22-25.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles