Pengaruh Brand Image, Harga Kompetitif dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran American Fried Chicken di Pontianak

Authors

  • Jinardi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand image, harga kompetitif dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Restoran American Fried Chicken di Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan skala rating dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS statistic versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand image tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel harga kompetitif dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Restoran American Fried Chicken di Pontianak, yang berarti semakin besar harga kompetitif yang dapat bersaing maka akan meningkatkan keputusan pembelian. Dan semakin baik lokasi yang dikembangkan sehingga memadai bagi konsumen akan semakin meningkatkan keputusan pembelian.

References

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Ong, Ian Antonius, dan Sugiono Sugiharto. “Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kulitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran, vol.1, no.2 (2013), pp 1-11.

Putri, A. L., & Ferdinand, A. T. “Analisis Pengaruh Citra Toko Dan Harga Kompetitif Terhadap keputusan pembelian Pada Toko H.A Laury di Semarang.” Diponegoro Journal of Management, vol.5. no.3 (2016), pp 1-13.

Shimp, Terence A. Integrated Marketing Communications In Advertising and Promotion, 8th Edition. Florida: Thomson South Western, 2010.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI), 2019.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles