Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Customer Perceived Value, dan Daya Tarik Promosi terhadap Minat Menginap Kembali pada Hotel Kini di Pontianak

Penulis

  • Nadia Benita Liendy Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan, customer perceived value, dan daya tarik promosi terhadap minat menginap kembali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas yaitu penelitian yang meneliti hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Objek penelitiannya adalah Hotel Kini di Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter dengan populasi Hotel Kini di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa variabel customer perceived value dan daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat menginap kembali pada Hotel Kini di Pontianak, sedangkan variabel citra perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menginap kembali. Adapun saran-saran yang dapat disampaikan adalah citra perusahaan yang ada perlu di tinjau kembali, di mana pihak manajemen hotel hendaknya terus memperhatikan citra dari hotel tersebut baik atau tidak, sehingga memudahkan konsumen untuk melalukan penilaian dan pihak hotel juga perlu senantiasa meningkatkan hubungan pemasaran dengan konsumen secara berkala khususnya staf hotel harus selalu memperhatikan dan menyapa semua tamu ketika masuk dalam hotel, sehingga akan timbul kesan positif yang akan membuat konsumen untuk pengambilan keputusan untuk membeli jasa penginapan hotel.

Referensi

Ariatmaja dan Rastini. 2017. “Peran Brand Image Memediasi Daya Tarik Promosi Dan Kewajaran Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi”. Volume 6, Nomor 9.

Astutik. 2014. “Pengaruh Pemasaran Sharyah dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Pembiayaan Muraba di BPRS Magetan”. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponegoro.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Kampani, Kumadji dan Kusumawati. 2014. “Pengaruh Green Marketing Terhadap Nilai Yang Dipersepsikan Dalam Keputusan Pembelian Mobil”. Vol.12 No.1. Erlangga.

Melisa E. B. Go, J. Lapian, dan S. Moniharapon. 2014. “Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada Sekolah Mengemudi Melati di Manado.” Jurnal EMBA, Vol. 2, No. 3 (September), Hal: 1153. ISSN 2303-1174.

Suseno, Prasetyo. 2015. “Pengaruh Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android dengan Word Of Mouth Positif Sebagai Variabel Moderasi”. Vol. 15.

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles