Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate, dan Konstruksi Bangunan di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Petronila Herni Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Nilai perusahaan menggambarkan kemampuan perusahaan dalam menciptakan kepercayaan investor terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Bentuk penelitian asosiatif dengan model regresi linear berganda. Objek pada lima puluh Perusahaan Property, Real Estate, dan Konstruksi Bangunan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, struktur modal dan pertumbuhaan perusahaan berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Profitabilitas dapat memediasi pengaruh pertumbuhaan perusahaan terhadap nilai perusahaan, tetapi tidak pada pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa pemanfaatan aset secara optimal dapat meningkatkan laba yang dihasilkan dan mendorong peningkatan nilai perusahaan.

References

Andrian, J. 2012. “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Capital Expenditure, dan Insentif Manajer terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening,” Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 21, no. 2, pp. 18-45.

Brahmana, R.K. dan Kontesa, M. (2021). Does Clean Technology Weaken the Environmental Impact on the Financial Performance? Insight from Global Oil and Gas Companies. Business Strategy and the Environment, 30(7), 3411-3423.

Hamidy, Rusdi R., Bagus G. Wiksuana, dan Sri G. Artini. 2015. “Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia.” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Univesitas Udayana, Vol. 4, no.10, hal. 665-682.

Hidayati, E. 2010. “Analisis Pengaruh DER, DPR, ROE dan Size terhadap PBV Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Periode 2005-2007.” Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 19, no.2, pp. 166-174.

Susanto, Edy. 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, dan Pertumbuhan Perusahaan (Growth) terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan.” Jurnal STIE Semarang, Vol. 8, no. 3, pp. 1-20.

Umami, Familia. 2015. “Pengaruh Struktur Modal, Capital Expenditure, dan Insentif Manajer terhadap Profitabilitas dalam meningkatkan Nilai Perusahaan.” Jurnal Bisnis Strategi,Vol. 24, no. 1, pp. 58-82.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles