Analisis Pengaruh Earning Per Share, Sales Growth dan Total Assets Turnover terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Kit Fung Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Perusahaan memiliki tujuan utama yaitu menyejahterakan pemegang saham. Tujuan perusahaan tersebut dapat dicapai dengan cara meningkatkan nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh earning per share, sales growth dan total assets turnover terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 41 perusahaan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa earning per share dan total assets turnover berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sales growth tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.

Haryati, Winur dan Sri Ayem. “Pengaruh Return on Assets, Debt to Equity Ratio, dan Earning Per Share terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Akuntansi Volume 2 No. 1 Juni 2014.

Irayanti, Desi dan Altje L. Tumbel. “Analisis Kinerja Keuangan Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Makanan dan Minuman di BEI.” Jurnal EMBA Volume 2 No.3 September 2014 Halaman 1473-1482.

Marlina, Tri. “Pengaruh Earning Per Share, Return on Equity, Debt to Equity Ratio dan Size terhadap Price to Book Value.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan Volume 1 No. 1, 2013 Halaman 59-72.

Rinnaya, Ista Yansi., Rita Andini, dan Abrar Oemar. “Pengaruh Profitabilitas, Rasio Aktivitas, Keputusan Pendanaan dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan.” Journal Of Accounting, Volume 2 No. 2 Maret 2016.

Sukaenah. “Pengaruh Earning per Share, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Sales Growth Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2013.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pandanaran ISSN: 2502-7697.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles