Analisis Pengaruh Kinerja Layanan dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Menginap Kembali pada Hotel Grand Mahkota di Pontianak

Penulis

  • Hilarion Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan dan harga kompetitif terhadap keputusan menginap kembali pada Hotel Grand Mahkota di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah melakukan observasi, wawancara dan pembagian kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menginap kembali, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yaitu konsumen yang minimal 1 kali paling sedikit yang pernah menginap. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah purposive sampling. Teknik analisis data kualitatif menggunakan bantuan Skala Likert dan analisis data kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil yang diperoleh dari penelitian Uji F menunjukkan bahwa variabel independen yaitu kinerja layanan dan harga kompetitif adalah secara keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan menginap kembali.

Referensi

Abdullah, Thamrin dan Tantri Francis. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Abubakar, Rusydi. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta, 2018.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Kaswan. Pelatihan dan Pengembangan Untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Alfabeta, 2016.

Setiyaningrum Ari, Jusuf Udaya dan Efendi. 2015. Prinsip-prinsip Manajemen: Pengenalan Plus Tren Terkini Tentang Pemasaran Global, Pamasaran Jasa, Green Marketing, Entrepreneurial Marketing dan E-Marketing.Yogjakarta: Andi.

Tjiptono. Strategi Pemasaran, edisi 4. Yogyakarta: Andi, 2015.

Wibowo. Manajemen Kinerja, Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Articles