Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Mio pada PT Bintang Fortuna Motor di Pontianak

Authors

  • Arfianto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan kualitas Informasi terhadap keputusan pembelian Yamaha Mio pada PT Bintang Fortuna Motor di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausalitas untuk melihat hubungan sebab akibat dari variabel yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 120 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan diolah dengan menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel Kualitas Pelayanan dan Kualitas Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas Pelayanan merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Yamaha Mio.

References

Hatta, Holia dan Muhammad Salman. 2016. “Keputusan Pembelian: pengaruh Kualitas Informasi dan Komunitas Virtual Samsung Galaxy Tab di ECommerce”. Jurnal Ekonomi Bisnis. no. 1, Universitas Bakrie Jakarta.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Kodu, Sarini. “Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza”. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis (EMBA). Vol. 1 no. 3 Hal. 1251-1259. Universitas Sam Ratulangi Manado, 2013.

Rizki, Kharisma H ., Astuti Endang Siti, dan Heru Susilo. 2015. “Pengaruh Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Secara Online”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 28. no. 1 Hal. 60. Universitas Brawijaya Malang.

Weenas, Jackson R. S. 2015. “Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta” .Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis (EMBA). Vol. 1 no. 4 Hal. 616. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles