Analisis Pengaruh Desain Produk, Daya Tarik Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada PT Astra Motor di Pontianak

Authors

  • Jupi Kurnia Sumandinata. S Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar signifikan pengaruh dari desain produk, daya tarik promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan adalah seluruh pengguna yang menggunakan Sepeda Motor merek Honda tipe Vario. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang berusia >17 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistik yaitu Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 22. Teknik analisis data mengunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Skala yang digunakan dalam analisis kualitatif adalah Skala Likert. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, multikolonieritas, dan heterokedastisitas), uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukan bahwa desain produk Ho ditolak Ha diterima dinyatakan berpengaruh secara signifikan, variabel daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian atau Ho ditolak dan Ha diterima dan untuk variabel kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian atau Ho ditolak dan Ha diterima.

References

Abdullah, Thamrin & Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Abubakar Rusydi. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ghozali, Iman. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS. Edisi Kedelapan. Semarang: Undip.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles