Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Vinna Monica Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Investor dapat menganalisis faktor fundamental untuk memprediksi perubahan pada nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai pemediasi. Objek penelitian ini pada tiga belas Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman di BEI periode 2014 hingga 2018 berdasarkan metode purposive sampling. Pengujian menggunakan path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap struktur modal dan nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif. Ini berarti perusahaan dengan kemampuan menghasilkan laba yang semakin baik tidak selalu memiliki struktur modal yang rendah. Hasil pengujian juga menunjukkan struktur modal dapat memediasi pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

References

Chen, Li-Ju dan Shun-Yu Chen. 2011. “The Influence of Profitability on Firm Value with Capital Structure as The Mediator and Firm Size and Industry as Mediators.” Investment Management and Financial Innovations, vol. 8, issue 3, pp.121-129.

Chowdhury, Anup dan Suman Paul Chowdhury. 2010. “Impact of Capital Structure on Firm’s Value: Evidence from Bangladesh.” Business and Economic Horizons, vol. 3, issue 3, pp. 111-122.

Dewi, Ayu Sri Mahatma dan Ary Wirajaya. 2013. “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, vol. 4, no. 2, hal. 358-372.

Halim, K.I. (2021). Pengaruh Financial Distress, Komite Audit, dan Ukuran Perusahaan terhadap Integritas Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi, 8(8), 223-233.

Siddik, Muhammad Hafiz dan Mochammad Chabachib. 2017. “Pengaruh ROE, CR, Size, dan Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening.” Diponegoro Jounal of Management, vol. 6, no. 4, hal. 1-15.

Sucuahi, William dan Jay Mark Cambarihan. 2016. “Influence of Profitability to the Firm Value of Diversified Companies in Philippines.” Accounting and Finance Research, vol. 5, no. 2, pp. 149-153.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles